Rabu, 16 November 2016

TUGAS KEWIRAUSAHAAN "PROPOSAL USAHA"



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Wajah merupakan hal pertama yang dilihat orang, oleh karena itu banyak orang berusaha untuk menjaga agar kecantikan pada wajah tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan menjaga kulit wajah agar tetap sehat, bebas dari jerawat, elastis dan putih berseri. Banyak produk-produk kecantikan yang menawarkan khasiat untuk menjaga kesehatan wajah, namun alih-alih memberikan khasiat yang kita ingini, malah membuat efek samping seperti jerawat, kulit menjadi bintik-bintik dan lain sebagainya. Sebelum kita memilih suatu produk kecantikan, ada baiknya kita melihat dahulu beberapa faktor di bawah ini:
·      Bahan dasar produk.
Seringkali untuk menekan harga, produsen produk kecantikan menggunakan bahan kimia sebagai bahan dasarnya. Penggunaan bahan kimia dalam jangka lama tentu akan memberikan efek samping negatif pada kulit kita. Sebaiknya gunakan produk kecantikan berbahan dasar alami, karena selain tidak memberikan efek samping, khasiatnya juga dapat cepat dirasakan karena produk alami lebih mudah diserap oleh kulit.
·      Asal muasal produk tersebut.
Suatu produk yang diciptakan untuk kulit orang Eropa tentunya tidak akan memberikan khasiat yang optimal jika digunakan pada kulit orang Asia. Hal ini disebabkan karena perbedaan faktor hormon, cuaca, pola makan, dan lain sebagainya, sehingga hasilnya tentu saja berbeda.
·      Ijin produk.
Suatu produk yang berkualitas, tentu saja harus melalui seleksi yang ketat dalam proses pembuatannya, oleh karena itu kita harus mengetahui apakah produk tersebut sudah memiliki ijin sebagai standar kualitasnya. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan ijin POM yang sudah disahkan oleh negara Indonesia sebagai standar kualitasnya.



1.2         Manfaat Pembuatan Proposal
Manfaat dari pembuatan proposal ini adalah sebagai berikut :
·      Belajar mandiri
·      Membantu wirausaha untuk mengembangkan usaha dan menguji strategi dan hasil yang diharapkan
·      Berfikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang dijalankan
·      Melatih dalam pembuatan rencana anggaran secara sistematis


1.3         Tujuan Pembuatan Proposal
Tujuan penyusunan proposal ini adalah sebagai berikut :
·      Memenuhi tugas kewirausahaan
·      Memperbaiki kehidupan masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat
·      Melatih agar dapat berwirausaha dengan baik
·      Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha
·      Dapat membuka lapangan kerja baru

A.  Visi
Menjadikan usaha bisnis kecantikan yang mampu bersing dengan usaha lainnya
B.  Misi
·      Memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan
·      Transaksi cepat dan mudah
·      Memberikan kepuasan bagi pelanggan





BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Aspek Produk
Produk yg dijual adalah Masker Kecantikan yang bisa digunakan dengan mudah sehari hari. Untuk harga per pcs usaha ini sangat terjangkau dan relatif murah. Dalam menjalankan usaha ini kita harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijalani dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen).
Menentukan objek pasar dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau oleh masyarakat (konsumen) ialah Tempat yang diambil di Sekitar rumah, Sekolah dan Kampus karena tempatnya yang cukup strategis.


2.2     Aspek Pemasaran
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menggunakan media online dan menawarkan langsung di sekitar rumah, sekolah dan kampus.


2.3     Aspek Organisasi dan Manajeman
          Untuk usaha ini masih terbilang kecil jadi masih belum ada karyawan untuk usaha ini.


2.4     Analisis SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha dapat mengukur kemampuan yang kita miliki dengan analisis SWOT sebagai berikut :
A.  Faktor Kekuatan (Strength)
·      Menyedikan produk kecantikan untuk wajah
·      Harganya terjangkau sesuai dengan target pasar yaitu kalangan pelajar juga masyarakat umum khususnya perempuan
B.  Faktor Kelemahan (Weakness)
·      Pemasaran untuk saat ini belum terlalu luas masih dalam lingkup kecil
·      Promosi masih dilakukan pada orang yang terdekat

C.  Faktor Peluang (Opportunity)
·      Biayanya murah
·      Produknya mudah didapat
·      Didaerah sekitar masih sedikit yang memiliki usaha serupa
D.  Ancaman (Treath)
·      Pesaing dalam skala besar
·      Perubahan selera masyarakat terhadap produk lain yang lebih baru dan menarik





BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN

3.1     Aspek Modal Usaha
1.    Biaya Pembelian Produk
·      Masker Naturgo @2 Box (10 pcs) x Rp25.000               Rp.   50.000,00
·      Masker Kantung Mata @1 Box (10 pcs) x Rp50.000      Rp.   50.000,00
·      Masker Bibir @1 Box (10 pcs) x Rp50.000                     Rp.   50.000,00
·      Masker Hellokitty @2 Box (10 pcs) x Rp30.000              Rp.   60.000,00
·      MYMI Wonder Patch 1 pcs x Rp 27.000                         Rp.   27.000,00
Total Pembelian Produk                                                    Rp. 237.000,00

2.    Rincian Proyeksi Penjualan
·      Masker Naturgo @20 pcs x Rp5.000                              Rp. 100.000,00
·      Masker Kantung Mata @10 pcs x Rp8.000                     Rp.   80.000,00
·      Masker Bibir @10 pcs x Rp8.000                                    Rp.   80.000,00
·      Masker Hellokitty @20 pcs x Rp6.000                             Rp. 120.000,00
·      MYMI Wonder Patch 1 pcs x Rp 27.000                         Rp.   35.000,00
Total Pembelian Produk                                                    Rp. 415.000,00

3.    Perkiraan Laba
·      Rincian Proyeksi Penjualan – Biaya Pembelian Produk
Rp415.000,00 – Rp237.000,00                                       Rp. 178.000,00






BAB IV
PENUTUP

4.1     Kesimpulan
Pada dasarnya produk kejantikan wajah ini bisa digunakan untuk semua kalangan. Baik perempuan maupun pelajar serta baik tua dan muda.

4.2     Saran
Demikian makalah bisnis ini penulis buat penulis menyadari masih banyak kesalahan -
kesalahan yang penulis buat untuk itu kritik dan saran dari teman – teman sangat penulis harapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar