BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Wajah
merupakan hal pertama yang dilihat orang, oleh karena itu banyak orang berusaha
untuk menjaga agar kecantikan pada wajah tetap terjaga. Salah satunya adalah
dengan menjaga kulit wajah agar tetap sehat, bebas dari jerawat, elastis dan
putih berseri. Banyak produk-produk kecantikan yang menawarkan khasiat untuk
menjaga kesehatan wajah, namun alih-alih memberikan khasiat yang kita ingini,
malah membuat efek samping seperti jerawat, kulit menjadi bintik-bintik dan
lain sebagainya. Sebelum kita memilih suatu produk kecantikan, ada baiknya kita
melihat dahulu beberapa faktor di bawah ini:
· Bahan
dasar produk.
Seringkali
untuk menekan harga, produsen produk kecantikan menggunakan bahan kimia sebagai
bahan dasarnya. Penggunaan bahan kimia dalam jangka lama tentu akan memberikan
efek samping negatif pada kulit kita. Sebaiknya gunakan produk kecantikan
berbahan dasar alami, karena selain tidak memberikan efek samping, khasiatnya
juga dapat cepat dirasakan karena produk alami lebih mudah diserap oleh kulit.
· Asal
muasal produk tersebut.
Suatu
produk yang diciptakan untuk kulit orang Eropa tentunya tidak akan memberikan
khasiat yang optimal jika digunakan pada kulit orang Asia. Hal ini disebabkan
karena perbedaan faktor hormon, cuaca, pola makan, dan lain sebagainya,
sehingga hasilnya tentu saja berbeda.
· Ijin
produk.
Suatu
produk yang berkualitas, tentu saja harus melalui seleksi yang ketat dalam
proses pembuatannya, oleh karena itu kita harus mengetahui apakah produk
tersebut sudah memiliki ijin sebagai standar kualitasnya. Dalam hal ini, kita
bisa menggunakan ijin POM yang sudah disahkan oleh negara Indonesia sebagai
standar kualitasnya.
1.2
Manfaat
Pembuatan Proposal
Manfaat
dari pembuatan proposal ini adalah sebagai berikut :
· Belajar
mandiri
· Membantu
wirausaha untuk mengembangkan usaha dan menguji strategi dan hasil yang
diharapkan
· Berfikir
kritis dan objektif atas bidang usaha yang dijalankan
· Melatih dalam pembuatan rencana anggaran secara sistematis
1.3
Tujuan
Pembuatan Proposal
Tujuan
penyusunan proposal ini adalah sebagai berikut :
· Memenuhi
tugas kewirausahaan
· Memperbaiki
kehidupan masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat
· Melatih
agar dapat berwirausaha dengan baik
· Menambah
pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha
· Dapat
membuka lapangan kerja baru
A. Visi
Menjadikan
usaha bisnis kecantikan yang mampu bersing dengan usaha lainnya
B. Misi
·
Memberikan pelayanan yang prima kepada
pelanggan
·
Transaksi cepat dan mudah
·
Memberikan kepuasan bagi pelanggan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Aspek Produk
Produk yg dijual adalah Masker
Kecantikan yang bisa digunakan dengan mudah sehari hari. Untuk harga per pcs
usaha ini sangat terjangkau dan relatif murah. Dalam menjalankan usaha ini kita
harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijalani dapat
diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen).
Menentukan objek pasar dalam
menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau
oleh masyarakat (konsumen) ialah Tempat yang diambil di Sekitar rumah, Sekolah
dan Kampus karena tempatnya yang cukup strategis.
2.2 Aspek Pemasaran
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menggunakan
media online dan menawarkan langsung di sekitar rumah, sekolah dan kampus.
2.3 Aspek Organisasi dan Manajeman
Untuk usaha ini masih terbilang kecil jadi masih belum ada karyawan
untuk usaha ini.
2.4 Analisis SWOT
Setiap
kegiatan untuk memulai usaha dapat mengukur kemampuan yang kita miliki dengan analisis
SWOT sebagai berikut :
A. Faktor
Kekuatan (Strength)
· Menyedikan
produk kecantikan untuk wajah
· Harganya
terjangkau sesuai dengan target pasar yaitu kalangan pelajar juga masyarakat
umum khususnya perempuan
B. Faktor
Kelemahan (Weakness)
· Pemasaran
untuk saat ini belum terlalu luas masih dalam lingkup kecil
· Promosi
masih dilakukan pada orang yang terdekat
C. Faktor
Peluang (Opportunity)
·
Biayanya murah
·
Produknya mudah didapat
·
Didaerah sekitar masih sedikit yang
memiliki usaha serupa
D. Ancaman
(Treath)
· Pesaing
dalam skala besar
· Perubahan
selera masyarakat terhadap produk lain yang lebih baru dan menarik
BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN
3.1 Aspek Modal Usaha
1. Biaya
Pembelian Produk
· Masker
Naturgo @2 Box (10 pcs) x Rp25.000 Rp. 50.000,00
· Masker
Kantung Mata @1 Box (10 pcs) x Rp50.000 Rp. 50.000,00
· Masker
Bibir @1 Box (10 pcs) x Rp50.000 Rp.
50.000,00
· Masker
Hellokitty @2 Box (10 pcs) x Rp30.000 Rp.
60.000,00
· MYMI
Wonder Patch 1 pcs x Rp 27.000 Rp. 27.000,00
Total
Pembelian Produk Rp.
237.000,00
2. Rincian
Proyeksi Penjualan
· Masker
Naturgo @20 pcs x Rp5.000 Rp. 100.000,00
· Masker
Kantung Mata @10 pcs x Rp8.000 Rp.
80.000,00
· Masker
Bibir @10 pcs x Rp8.000 Rp. 80.000,00
· Masker
Hellokitty @20 pcs x Rp6.000 Rp.
120.000,00
· MYMI
Wonder Patch 1 pcs x Rp 27.000 Rp. 35.000,00
Total
Pembelian Produk Rp.
415.000,00
3. Perkiraan
Laba
· Rincian
Proyeksi Penjualan – Biaya Pembelian Produk
Rp415.000,00
– Rp237.000,00 Rp. 178.000,00
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Pada dasarnya produk kejantikan wajah
ini bisa digunakan untuk semua kalangan. Baik perempuan maupun pelajar serta
baik tua dan muda.
4.2 Saran
Demikian makalah bisnis ini penulis buat
penulis menyadari masih banyak kesalahan -
kesalahan yang penulis buat untuk itu kritik dan saran
dari teman – teman sangat penulis harapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar